Klub Egy Maulana Vikri Kemungkinan akan Disanksi FIFA, Ini Alasannya

"Jika Egy diturunkan musim ini untuk bermain, jelas klub berjuluk Bialo-Zielone tersebut menyalahi aturan FIFA"
Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Egy Maulana Vikri telah resmi dikenalkan pada publik sebagai pemain baru Lechia Gdansk pada hari Minggu (11/3) kemarin. Sementara itu, usia Egy belum genap 18 tahun yang mestinya melanggar peraturan FIFA terkait kontrak pemain.

Egy sendiri lahir pada 7 Juli 2000. Artinya, dia baru menginjak usia 18 tahun beberapa bulan lagi. Namun, dia sudah dikenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. Dalam peraturan FIFA menyatakan, transfer pemain Internasional hanya diperbolehkan untuk pemain usia di atas 18 tahun.

Peraturan yang tertuang dalam pasal 19 tersebut tak berlaku apabila, orang tua pemain ikut pindah di negara pemain bersangkutan berkarier, bukan dengan alasan urusan sepakbola. Yang kedua, transfer pemain Internasional antara usia 16-18 tahun diperbolehkan apabila terjadi di wilayah Uni Eropa (EU).

Yang terakhir, tempat tinggal pemain dengan markas klub tidak lebih dari 100 kilometer. Melihat peraturan tersebut, Gdansk disebut telah menyalahi aturan FIFA jika telah memberikan kontrak resmi pada Egy.

Kemudian untuk menghindari peraturan tersebut, Gdansk menyampaikan dalam keterangan yang diterbitkan bahwa kontrak Egy baru efektif pada 8 Juli 2018, sehari setelah ulang tahunnya yang ke-18. Dalam kontrak tersebut, Egy disebut akan mendapat kontrak durasi tiga tahun.

Oleh sebab itu, Egy dipastikan tak akan bermain di Gdansk hingga akhir musim ini. Nomor 10 yang ditunjukkan saat kenalan juga belum pasti dikenakan musim depan karena masih menjadi milik pemain senior di tim besutan Piotr Stokowiec tersebut.

Jika Egy diturunkan musim ini untuk bermain, jelas klub berjuluk Bialo-Zielone tersebut menyalahi aturan FIFA. Tapi masalahnya, meski tidak menggunakan jasa pemain Egy di atas lapangan, klub tersebut telah memperkenalkan pemain pada publik ketika status pemain masih belum bisa tergabung dengan tim. Hal itulah yang dipercaya akan membuat FIFA menjatuhi hukuman pada Gdansk jika terbukti ... Baca halaman selanjutnya