PSSI Seleksi Wasit Jelang Liga 1 Bergulir

"Seleksi wasit ini dilakukan untuk menjaga mutu kompetisi sepak bola Indonesia"
Seleksi wasit Liga 1. (PSSI)

KLIKPOSITIF -- PSSI menggelar seleksi wasit sebagai persiapan menghadapi kompetisi Liga 1. Acara ini digelar di Yogyakarta mulai tangal 12-15 Maret 2018. Seleksi wasit ini dilakukan untuk menjaga mutu kompetisi sepak bola Indonesia.

Seleksi yang bertajuk 'PSSI Profesional League Referee Selection' ini diikuti 49 wasit dan 64 asisten wasit dan dipimpin oleh Direktur Wasit PSSI, Toshiyuki Nagi. Pada Senin (12/3), Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Marco Gracia Paulo membuka acara ini bersama Sekretaris Asprov PSSI Yogyakarta, Dwi Irianto di Hotel UNY, Yogyakarta.

Marco mengatakan, wasit memainkan peran penting dalam perkembangan sepakbola khususnya melalui kualitas kompetisi di setiap level. Hal ini juga menjadi prioritas yang dicanangkan oleh PSSI.

"PSSI fokus dua program besar di 2018-2020 yakni peningkatan kualitas wasit dan pelatih. Kolaborasi dengan Jepang Football Associations yang sedang kami bangun sebagai akselerasi kualitas wasit kita di tingkat dunia. Dimulai dari target tahun 2020 wasit kita harus di level Asia," kata Marco.

Pria berkacamata ini menambahkan bahwa tahun 2030, PSSI punya target untuk mempunyai minimal mempunyai dua wasit asal Indonesia yang akan memimpin di Piala Dunia. Untuk mencapai target tersebut, PSSI akan lindungi dan tangani kualitas wasit dengan bersungguh-sungguh.

PSSI percaya dan tidak bermain-main dalam usaha meningkatkan kualitas wasit di Indonesia serta untuk mencapai mimpi ke Piala Dunia bagi wasit Indonesia. "Sekarang saatnya para wasit yang sekarang ikut seleksi ini untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan sepak bola Indonesia khususnya melalui performa di lapangan," jelas Marco.

Sementara itu, Direktur Wasit PSSI, Toshiyuki Nagi mengatakan, materi untuk seleksi wasit ada praktek dan teori. "Wasit dan asisten wasit yang mengikuti seleksi ada yang lama dan yang baru. Kami memberikan pengetahuan soal peraturan pertandingan dan law of the game terbaru," kata ... Baca halaman selanjutnya