Dilatih Sven-Goran Eriksson, Filipina Bertabur Bintang di Piala AFF 2018

"Eriksson memanggil semua pemain Filipina yang berlaga di luar negeri dan Eropa"
Sven-Gorran Eriksson saat melatih Manchester City. (net)

KLIKPOSITIF -- Walau gaung Piala AFF 2018 akan dibuka, timnas Filipina yang diasuh Sven-Goran Eriksson masih belum umumkan skuat final. Baru per hari ini, sang pelatih gaek masih memanggil total 29 pemain. 29 pemain ini akan jalani pemusatan latihan terakhir hingga jelang laga lawan Singapura pada 13 November 2018.

Di situ, mereka akan dipangkas hanya menjadi 23 nama saja. Yang menjadi kejutan terbesar adalah bersedianya Neil Etheridge penuhi panggilan Eriksson. Kiper nomor satu Cardiff City ini sedang menjadi andalan tim promosi tersebut di kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League.

Oleh sebab itu, pemanggilan ini tentunya mengejutkan. Satu fakta lain yang perlu diingat adalah Piala AFF bukan termasuk kalender FIFA. Ini yang mungkin membuat Cardiff tak akan melepas kipernya itu. Selain eks kiper Fulham tersebut, nama-nama lawas seperti Philip dan James Younghusband masih mendapat panggilan.

Kakak-beradik itu juga termasuk generasi emas skuat The Azkals yang mulai menggebrak ASEAN pada perhelatan tahun 2010 lalu. Namun kala itu, dua gol cantik Cristian Gonzales sukses mengantarkan Timnas Indonesia taklukkan Etheridge dan kolega untuk lolos ke final.

Selain ketiga nama itu, Eriksson juga memanggil beberapa bintang yang main di luar Filipina. Kiper kedua, Michael Falkesgaard, berasal dari Bangkok United di Thai League 1. Di lini belakang, ada pemain Buriram United, Stephan Palla dan Daisuke Sato, yang membela Sepsi Sfantu di Rumania.

Lini tengah dan depan banyak berjubel bintang-bintang tenar semisal Javier Patino (Buriram United), Misagh Bahadoran (Perak FA), Iain Ramsay (Felda United), Luke Woodland (Suphanburi FC). Terakhir, ada gelandang yang bermain di FC Aue (Jerman), yakni John-Patrick Strauss. (*)

sumber: football5star