Penyisihan Grup B Piala AFF 2018: Indonesia Ditekuk Singapura

"Dengan kekalahan ini, Indonesia ada di peringkat ketiga Grup B karena belum mengumpulkan poin."
Bima Sakti dan Fandi Ahmad sebelum pertandingan (PSSI)

KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia menyerah dengan skor 0-1 dari Singapura, pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di Singapore National Stadium, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Gol tunggal Singapura dicetak Hariss Harun di menit 37.

Dengan kekalahan ini, Indonesia ada di peringkat ketiga Grup B karena belum mengumpulkan poin. Sementara itu, Thailand ada di peringkat kedua dengan poin tiga. Posisi puncak sendiri ditempati Thailand, yang hari ini mencukur Thailand 7-0 di Rajamangala Stadium.

10 menit pertama, kedua tim saling jual beli serangan. Namun, Singapura memang lebih banyak melakukan inisiatif. Di menit 10, sepakan jarak dekat Muhammad Yasir Hanapi, masih bisa ditahan oleh kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Semenit kemudian, giliran usaha Ikhsan Fandi Ahmad yang masih gagal. Bolanya sepakannya masih menyamping dari gawang Andritany.

Setelah itu, giliran Indonesia yang mengancam. Bek Singapura, Irfan Fandi Ahmad nyaris melakukan gol bunuh diri. Ia salah mengantisipasi umpan silang Stefano Lilipaly hingga tandukannya membentur mistar gawang.

Indonesia sendiri praktis tak bisa berbuat banyak dalam melakukan serangan di 30 menit awal pertandingan. Mendapatkan pressing tinggi, pasukan Bima Sakti cuma bisa melakukan umpan-umpan panjang.

Singapura akhirnya memecah kebuntuan di menit 37. Gol ini bermula dari tusukan Gabriel Quak Jun Yi dari sisi kanan. Crossing-nya mampu diantisipasi oleh barisan belakang Indonesia, namun bola liar disambar oleh Harris Harun yang merobek jala gawang Andritany.

Indonesia sendiri mampu membobol gawang Singapura semenit kemudian. Namun, sayangnya Irfan Jaya sudah berdiri pada posisi offside.

Andritany sempat melakukan penyelamatan sebelum half-time, namun hingga turun minum, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Serangan balik cepat Singapura berbahaya di menit ke-47. Tendangan ... Baca halaman selanjutnya