Liga Futsal Nusantara 2019: Tim Tuah Sakato Permalukan Tuan Rumah

Andrizal Putra (biru) pencetak gol pembuka dan penutup Tim Futsal Tuah Sakato Sumbar vs Futsal Kandis di GOR Remaja, Pekanbaru
Andrizal Putra (biru) pencetak gol pembuka dan penutup Tim Futsal Tuah Sakato Sumbar vs Futsal Kandis di GOR Remaja, Pekanbaru (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PEKANBARU, KLIKPOSITIF -- Tim Futsal Tuah Sakato Sumbar akhirnya dapat memenangkan laga melawan tim tuan rumah Futsal Kandis Riau, Jumat 6 September 2019. Skor 5-3 menutup laga sulit bagi Tuah Sakato Sumbar untuk menjaga posisi di klasemen sementara Babak 34 Besar Liga Futsal Nasional 2019.

Pelatih Qusmaini Noor Rusli mengatakan laga yang berlangsung di GOR Remaja Pekanbaru tersebut merupakan Big Match. Pasalnya, selain melawan tuan rumah, pertandingan tersebut juga menjadi penentu agar tetap menjaga jarak dengan tim-tim lain.

baca juga: Narapidana di Lapas Pariaman Ikuti Turnamen Futsal

"Ini adalah Big Match, kalau seri kemungkinan masih aman. Tapi kalau kalah akan berbahaya karena tim di bawah kita di klasemen sementara akan mengejar dan tentunya kita akan kesulitan di laga berikutnya. Sehingga pertandingan tadi memang harus kita menangkan," kata Coach Qusmaini.

Anak asuh Qusmaini sempat beberapa kali tertinggal yaitu saat skor 0-1, 1-2, dan 2-3. Namun beruntung tiga gol pamungkas yang disarangkan oleh Febi Perdana, Afis Yunanda, dan Andrizal Putra dapat membawa tim berjuluk Squadra Marawa tersebut mencuri poin penuh setelah sebelumnya dua gol diciptakan oleh Andrizal dan Lucky Aji.

baca juga: Jalani Tiga Tahapan Seleksi, Inilah 30 Nama Pemain Muda Rafhely Tuah Sakato FC U-20

"Pertandingan tadi adalah pertandingan yang sulit, apalagi melawan tuan rumah, Tapi kondisi seperti ini tidak akan kita dapat di Sumbar dan kita sangat membutuhkan situasi ini agar anak-anak terbiasa. Apalagi saat posisi tertinggal, tertekan, dan bangkit," ujar pelatih asal Negeri Jiran, Malaysia tersebut.

Namun ia mengakui banyak pelajaran yang didapatnya saat bertemu Futsal Kandis Riau. Ia pun selalu menekankan kepada pemain bahwa hasil pertandingan futsal ini akan selalu berubah dan tergantung bagaimana menjalaninya.

baca juga: Antusias, Ratusan Pelajar Sumbar Ikuti Seleksi Tahap III Rafhely Tuah Sakato FC

Hasil ini membuat Futsal Tuah Sakato Sumbar masih memuncaki klasemen sementara dengan torehan 12 poin dari 4 laga dengan kemenangan dan disusul oleh WSFC Jambi yang juga memiliki poin sama. Laga berikutnya, Tuah Sakato Sumbar akan bertemu Porad FC Bengkulu, Sabtu 7 September 2019 dan menyisakan dua laga terakhir yaitu melawan WSFC Jambi dan AP II Sumsel.

[Ade Suhendra]

baca juga: Setelah Padang, Puluhan Pemain Ikuti Seleksi Rafhely Tuah Sakato di Batusangkar

Penulis: Iwan R