Taklukkan China, Ini Komentar Fakhri Husaini Tentang Permainan Timnas Indonesia U-19

"Bukan soal buang peluang tapi proses membuat peluang itu yang saya apresiasi. Peluang bisa terbuang pemain top dunia saja bisa membuang peluang. Mereka pemain muda akan terus belajar"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Pelatih timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini memuji tiga gol yang dicetak anak asuhnya ke gawang timnas China saat laga uji coba di Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (17/10/2019) malam.

Hingga berakhirnya pertandingan uji coba tersebut, tim Indonesia U-19 sukses menaklukkan China dengan skor 3-1.

Gol Tim Garuda Muda diciptakan Amiruddin Bagus Kahfi menit ke-14, Muhammad Fajar Fathur Rahman menit ke-25 dan Alfeandra Dewangga Santosa menit ke-35. Sedangkan satu gol China dicetak Qianglong Tao menit ke-64.

"Tiga gol yang terjadi melalui proses luar biasa. Anak-anak bekerja keras untuk menciptakan gol itu," kata Fakhri Husaini seperti dilansir Antara.

Menurut Fakhri, tiga gol itu telah melalui skema yang baik, yakni bagaimana transisi dari menyerang ke bertahan.

Tim, kata dia, semakin mempunyai komunikasi bagus pada saat kehilangan bola, punya transisi dan komunikasi baik.

"Ada ribuan situasi, ada ribuan momentum yang bisa dievaluasi. Saya dari sisi pelatih ada banyak hal positif yang mereka buat," ujarnya.

Mengenai beberapa peluang yang terbuang pada babak kedua, Fakhri tidak terlalu mempermasalahkan, sebab pemainnya memang masih muda yang membutuhkan lebih banyak pertandingan.

"Karena situasi di setiap laga berbeda. Bukan soal buang peluang tapi proses membuat peluang itu yang saya apresiasi. Peluang bisa terbuang pemain top dunia saja bisa membuang peluang. Mereka pemain muda akan terus belajar," ucapnya.

Kemenangan tersebut, lanjut Fakhri, menjadi modal penting bagi timnya untuk menyongsong kualifikasi AFC CUP 2020 pada tangal 6, 8, dan 10 November 2019.

Pada kualifikasi tersebut, Timnas U-19 bakal bersaing dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste di Grup K.

"Kemenangan ini memuaskan banyak orang menjadi obat pelipur lara. Masih ada beberapa catatan dan kelemahan ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kami perbaiki menjelang kualifikasi AFC ... Baca halaman selanjutnya