Inggris Pemuncak Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018

Para pemain timnas Inggris melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Lithuania.
Para pemain timnas Inggris melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Lithuania. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Timnas Inggris berhasil menghempaskan mimpi timnas Lithuania dengan skor 2-0 di pertandingan lanjutan grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 di Wembley, Minggu kemarin. Skor Inggris vs Lithuania ini praktis semakin memantapkan posisi Inggris di klasemen Grup F. Dimana, mereka saat ini masih unggul empat angka atas Slovakia di peringkat kedua.

Unggul kualitas, Inggris langsung memberikan tekanan pada pertahanan Lithuania. Dominasi pertandingan memang menjadi milik pasukan Gareth Southgate. Kendati begitu, Inggris baru bisa mendatapatkan peluang bersih pada menit ke-20 melalui kerjasama apik Kyle Walker dan Adam Lallana memberikan kans pada Germain Defoe, sayang sepakannnya masih melayang.

baca juga: Dua Mantan Juara Piala Dunia Saling Berhadapan di Laga Pembuka Serie B Italia

Inggris sendiri berusaha memainkan umpan-umpan pendek dan kerap mencoba menciptakan peluang dari kedua sisi sayapnya. Inggris terus mengepung pertahanan sang tamu. Namun, serangan-serangan mereka bertumpu pada Adam Lallana dan Raheem Sterling masih terus membentur tembol tebal lini pertahanan Lithuania.

Barulah pada menit ke-21, serangan mereka membuahkan hasil. Sterling menerobos sisi kanan pertahanan lawan dan memberikan umpan matang ke tengah kotak penalti. Dengan sigap, Defoe yang datang dari belakang bisa menuntaskan peluang itu dengan kaki kanannya. 1-0.

baca juga: FIFA Buat Aturan Baru, Satu Babak 30 Menit dan Kartu Kuning Diusir Keluar Lapangan

Setelah gol tersebut, Inggris mulai menurun. Terbukti pada akhir babak pertama Inggris hampir saja kebobolan akibat sebuah kesalahan dari Joe Hart yang memudahkan Slivka untuk mengirim bola ke gawang meski untungnya masih ada Stones yang bisa menghalau bola di garis gawang.

Awal babak babak kedua, Lithuania kembali memiliki satu kans emas ketika tembakan Slivka kali ini masih bisa digagalkan oleh Hart. Merasa punya peluang, tim tamu memang terus berusaha melakukan serangan cepat ke pertahanan Inggris meski untungnya barisan belakang tuan rumah bisa mengantisipasinya dengan baik.

baca juga: Del Piero Teringat Momen 15 Tahun Lalu, Tulis Pesan Ini Untuk Anak Asuh Roberto Mancini

Inggris pada akhirnya bisa mengunci kemenangan melalui gol kedua yang dikemas oleh Jamie Vardy di menit 66. Setelah itu, tak ada gol tambahan yang bisa diciptakan tuan rumah meski sebenarnya mereka punya sejumlah peluang lagi untuk mencetak gol.

[Yogi Rahmat]

baca juga: Kasper Schmeichel: Saya Bangga Miliki Kapten Seperti Kjaer

Penulis: Agusmanto