Seamus Coleman Cedera Setahun, Ini Janji FIFA

Seamus Coleman kesakitan usai ditekel keras oleh Neil Taylor. Ini mengakibatkan Coleman harus absen selama setahun.
Seamus Coleman kesakitan usai ditekel keras oleh Neil Taylor. Ini mengakibatkan Coleman harus absen selama setahun. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Seamus Coleman, bek kanan andalan Republik Irlandia dipastikan tidak akan bisa bermain selama setahun ini karena mengalami cedera patah kaki. Namun, penggawa Everton ini bisa bernapas lega setelah FIFA berjanji akan menanggung gaji pemain tersebut hingga pemulihan cederanya.

Coleman sendiri mengalami cedera mengerikan tersebut ketika tampil bersama Republik Irlandia yang bermain imbang tanpa gol melawan Wales dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 pekan kemarin. Bek kanan berusia 28 tahun tersebut telah sukses melewati proses operasi kakinya di Dublin dan akan menjalani proses pemulihan berdurasi panjang.

baca juga: Dua Mantan Juara Piala Dunia Saling Berhadapan di Laga Pembuka Serie B Italia

Dikutip dari goal.com, patah kaki yang dialami oleh Seamus Coleman ini juga menjadi menjadi pukulan telak untuk Everton dan Republik Irlandia. Namun, melalui program proteksi klub yang dimiliki FIFA, setiap tim berhak mengklaim hingga £112,731 per pekan dari gaji para pemain apabila ada penggawa mereka yang mengalami cedera saat tampil di laga Internasional.

Jumlah itu lebih dari cukup untuk menutupi gaji Coleman di Everton sebesar £45,000 per pekan. Skema tersebut diperkenalkan FIFA pada 2012 lalu setelah mendapat tekanan beruntun dari klub-klub yang menginginkan adanya jaminan bagi para pemain mereka yang mengikuti tugas membela negara masing-masing.

baca juga: FIFA Buat Aturan Baru, Satu Babak 30 Menit dan Kartu Kuning Diusir Keluar Lapangan

Biaya yang setara dengan kelebihan nominal gaji dalam empat pekan setidaknya memberikan ganti kerugian bagi klub yang bakal kehilangan pemain selama satu kalender tahunan, yang bisa mencapai £100 juta.

[Yogi Rahmad]

baca juga: Del Piero Teringat Momen 15 Tahun Lalu, Tulis Pesan Ini Untuk Anak Asuh Roberto Mancini

Penulis: Agusmanto