Brasil Pastikan Berlaga di Piala Dunia 2018

Selebrasi para pemain timnas Brasil usai dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018.
Selebrasi para pemain timnas Brasil usai dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018. (reuters)

KLIKPOSITIF -- Tim Samba, Brasil sudah bisa bernapas lega setelah memastikan langkah mereka untuk berlaga di Piala Dunia 2018 Russia. Kekalahan Uruguay di tangan Peru menjadi penentu kelolosan tersebut dan memastikan Brasil tak akan terlempar dari empat besar klasemen kualifikasi zona CONMEBOL.

Brasil juga menjadi negara pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 selain tuan rumah Rusia menyusul kombinasi hasil pada matchday 14 kualifikasi zona CONMEBOL.

baca juga: Dua Mantan Juara Piala Dunia Saling Berhadapan di Laga Pembuka Serie B Italia

Skor meyakinkan 3-0 kontra Paraguay menandai kemenangan kedelapan Brasil di bawah komando Tite dan ini diikuti kekalahan Uruguay 2-1 melawan tuan rumah Peru.

Dengan ini, Brasil telah mengumpulkan 33 poin di puncak klasemen dan unggul sembilan angka atas pesaing terdekat mereka Kolombia, disusul Uruguay (23), Cile (23) serta Argentina (22).

baca juga: FIFA Buat Aturan Baru, Satu Babak 30 Menit dan Kartu Kuning Diusir Keluar Lapangan

Penghuni empat besar berhak lolos otomatis ke putaran final dan Brasil kini mustahil terlempar dari zona tersebut di empat pertandingan tersisa.

Pasalnya, Uruguay dan Argentina masih harus saling berhadapan yang berarti tidak mungkin kedua negara sama-sama mengumpulkan poin maksimal untuk menggusur Brasil. Adapun peringkat kelima dari Amerika Selatan harus terjun ke babak play-off untuk menghadapi jawara Oseania. (*)

baca juga: Del Piero Teringat Momen 15 Tahun Lalu, Tulis Pesan Ini Untuk Anak Asuh Roberto Mancini

Penulis: Agusmanto