Menakar Peluang Timnas U-19 ke Semifinal AFF Cup 2017

Timnas U-19
Timnas U-19 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-18 masih terbuka meski menelan kekalahan atas Vietnam dengan skor telak 0-3. Kepastian lolos atau tidaknya Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bakal ditentukan di laga terakhir melawan Brunei Darussalam.

Di laga melawan Vietnam, Timnas U-19 seharusnya bisa memuluskan langkah ke empat besar dengan meraup kemenangan. Sayang, dua gol Le Van Nam dan sebiji lainnya dari Bui Hoang Viet membuyarkan asa Garuda Muda di lanjutan Grup B.

baca juga: Laga Timnas Indonesia U-23 Batal Digelar, Dokter Tirta: Itu Sinetro yang Viral Aja Emak-emak Pada Nobar

Anak asuh Indra Sjafri saat ini bercokol di posisi ketiga klasemen Grup B setelah Myanmar mampu menang 7-0 atas Filipina di hari yang sama. Sementara Vietnam duduk manis di puncak menyusul tiga kemenangan beruntun, masing-masing melawan Brunei, Filipina, dan Indonesia .

Dengan kemenangan tersebut, Myanmar sudah mengkudeta posisi Timnas U-19 karena kalah agresifitas gol. Sementara peluang Indonesia ditentukan saat melawan Brunei di laga pamungkas babak penyisihan Grup B. Dalam pertandingan ini, Timnas U-19 juga harus mampu menciptakan lebih dari tiga gol.

baca juga: Ditinggal Dua Kiper, Persebaya Resmi Rekrut Mantan Kiper Timnas di SEA Games 2017

Selebihnya, kalau pun Timnas U-19 berhasil meraih kemenangan besar atas Brunei, Skuat Merah Putih masih harus berdoa Vietnam mampu mengandaskan Myanmar atau minimal imbang. Karena jika Myanmar seri dan Indonesia pun seri, hitungan selisih gol tim Garuda Nusantara masih dibawah Myanmar. (*)

dari berbagai sumber

baca juga: Bersiap Arungi Musim 2021, Nama-nama Beken Hiasi Skuad PSS Sleman

Penulis: Agusmanto