AFF Cup 2017 : Bungkam Brunei 8 Gol, Timnas U-19 Lolos ke Semifinal

Selebrasi pemain Timnas U-19
Selebrasi pemain Timnas U-19 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Timnas U-19 menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal AFF Cup 2017 setelah menghempaskan perlawanan Brunei Darussalam dengan skor telak 8-0. Tim anak asuhan Indra Sjafri berhak lolos dan tidak terpengaruh dengan hasil pertandingan Myanmar vs Vietnam.

Sejak peluit babak pertama ditiup, penggawa Timnas langsung berupaya untuk mengincar kemenangan. Bisa dikatakan, dalam 12 kali shot on target Timnas U-19, enam diantaranya dikonversikan menjadi gol. Superiornya penampilan Timnas U-19 membuat Brunei hanya mampu memberikan dua kali ancaman untuk Aqil Savik.

baca juga: Laga Timnas Indonesia U-23 Batal Digelar, Dokter Tirta: Itu Sinetro yang Viral Aja Emak-emak Pada Nobar

Gol pertama Timnas U-19 dibuka oleh M. Rafly pada menit ke-2 jalannya pertandingan. Bola serangan cepat dari sisi kiri langsung menjadi gol setelah M. Rafly melihat peluang terbuka. Bola umpan tersebut langsung ditendang dan tak mau dijangkau kiper Brunei.

Usai gol pertama, Timnas U-19 langsung menguasai jalannya pertandingan. Berturut-turut, giliran dua gol Egy Maulana membuah Indonesia jauh memimpin. Ditambah gol kedua M. Rafly di pertengahan babak pertama dan gol Witan Sulaiman di menit ke-38 ditambah lagi gol M. Rafly di injury time babak pertama.

baca juga: Ditinggal Dua Kiper, Persebaya Resmi Rekrut Mantan Kiper Timnas di SEA Games 2017

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 mulai menurunkan tempo serangan. Feby pun diganti dengan Saddil Ramdhani untuk lebih memenangkan pertarungan di lini tengah. Sebaliknya, Brunei mulai memainkan compact defense mereka dengan sesekali memberi ancaman ke gawang Indonesia .

Target 8 gol Indonesia untuk lolos ke semifinal pun terbuka lebar saat Luthfi berhasil mencetak gol ketujuh dari umpan cantik Asnawi Mangkualam Bahar. Bola cepat yang dilesatkan Luthfi melalui sundulan kepala tak mampu diraih kiper Brunei

baca juga: Bersiap Arungi Musim 2021, Nama-nama Beken Hiasi Skuad PSS Sleman

Tak lama berselang, giliran Hanis Saghara yang masuk menggantikan M. Rafly karena mengalami cedera di kakinya. Umpan dari Egy dari sisi kanan Brunei dilesatkan dengan baik oleh Saghara yang berada tanpa pengawalan. Skor 8-0 pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini, Timnas U-19 pun memastikan diri sebagai tim ketiga yang akan berlaga di babak semifinal AFF Cup 2017 setelah Malaysia, Thailand serta menunggu hasil laga Vietnam dan Myanmar. (*)

baca juga: Unik, Chelsea Sediakan Microwave Untuk Hangatkan Sepatu Pemain: Manfaatnya Luar Biasa

Penulis: Agusmanto