Kapten Timnas U19 Persembahkan Kemenangan atas Brunei Untuk Orang Ini

Timnas U19
Timnas U19 (Goal.com)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Kapten Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto mengatakan bahwa kemenangan besar Indonesia atas Brunei Darussalam dengan skor 8-0 kemarin dipersembahkan rekan-rekannya untuk seseorang.

"Selain untuk rakyat Indonesia, kemenangan itu juga kami persembahkan untuk seseorang," katanya.

baca juga: Pembatalan Piala Asia U-19 dan U-16 Belum Disahkan dalam Rapat Exco AFC, Ini Respon PSSI

Ia mengungkapkan, kemenangan yang sekaligus tiket ke babak Semifinal tersebut dipersembahkan skuad Garuda Muda untuk Muhammad Riyandi-kiper Timnas.

"Dia sedang cidera sehingga tidak bisa ikut merumput," sebut pemain asal klub Persebaya ini.

baca juga: Piala AFC U-16 dan AFC U-19 Dibatalkan, Ini Kata Shin Tae-yong dan Bima Sakti

Muhammad Riyandi dikabarkan mengalami cedera ACL saat melawan Vietnam, Senin lalu yang menyebabkan kiper timnas U-19 Indonesia harus menepi selama 6 bulan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di Rumah Sakit Shwe Gon Dine, Yangon, Riyandi terbukti mendapat cedera Complete ACL Tear (Right) + Tear Meniscus (Right).

baca juga: David Maulana Cs Kini Juga Dipastikan Gigit Jari Tampil di Piala Asia U-19

Pemeriksaan kondisi sang kiper dilakukan melalui proses scan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Dokter timnas, Ifran Akhmad, memperkirakan bahwa sang pemain membutuhkan waktu setidaknya enam bulan untuk kembali tampil.

baca juga: Akhiri TC di Spanyol Lebih Cepat, Shin Tae-yong Sebut Timnas U-19 Menunjukkan Perkembangan

ACL merupakan salah satu mimpi buruk bagi para atlet karena cedera tersebut bisa menyebabkan seorang atlet tak bisa melanjutkan karirnya.

Kendati demikian, ia mengaku sangat bersyukur atas delapan gol yang diperoleh saat berhadapan dengan Brunei kemarin sore.

"Alhamdulillah kami menang besar atas Brunei dan lolos ke semifinal. Kami bermain kompak, tanpa beban dan punya keinginan menang besar sejak awal," ucap Rian.

Pada laga tersebut 8 gol Timnas U-19 dicetak oleh Muhammad Rafli pada menit ke-1, 42, dan 45. Lalu Egi Maulana Vikri membukukan namanya di papan skor pada menit ke-18 dan ke-23. Witan Sulaiman juga mencetak sepasang gol pada menit ke-41 dan ke-67. Gol penutup dicetak oleh Hanis Sagara pada menit ke-68.

Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand yang menjadi runner up Grup A. Rian pun berharap ia dan teman-temannya mampu bermain lebih baik lagi dan kejadia kalah 0-3 dari Vietnam saat babak penyisihan grup tidak terulang.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa