AFF Cup 2017 : Kalah Adu Penalti, Timnas U-19 Gagal ke Final

Pemain Timnas U-19
Pemain Timnas U-19 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Thailand U-19 mengandaskan mimpi Indonesia untuk lolos ke babak final Piala AFF U-18 usai menangkan laga dalam drama adu penalti, Jumat 15 September 2017. Laga yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, ini berakhir dengan skor 3-2.

Kemenangan Thailand dalam drama adu penalti itu disebabkan oleh gagalnya tiga penembak Timnas U-19 yakni, Rifat Marasabessy, Nur Hidayat dan M. Iqbal. Sementara, Thailand hanya seorang saja pemainnya yang gagal dalam eksekusi penalti tersebut.

baca juga: Ini 5 Pemain yang Posisinya Tidak Akan Tergeser dari Skuad Timnas Ditangan Shin Tae-yong

Mengawali babak pertama, Indonesia yang bermain menyerang dan menusuk jantung pertahanan Thailand tercatat beberapa kali berpeluang gol. Namun pemain terakhir dari Thailand yang menjaga gawang masih bisa mematahkan serangan yang dilakukan Egy Maulana dkk.

Sebaliknya, sepanjang babak pertama dan kedua, Thailand terlihat kesulitan mengimbangi permainan cepat yang dilakukan anak asuh Indra Sjafri. Jelang babak pertama berakhir, Saddil diganjar kartu merah oleh wasit pertandingan yang mengakibatkan Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain.

baca juga: Teori Konspirasi Menyeruak, MU Sengaja Mengalah Agar Liverpool Gagal ke Liga Champions

Usai turun minum, kekurangan satu pemain tidak membuat Indonesia menurunkan tempo permainan. Peluang demi peluang diciptakan Egy Maulana dan M. Iqbal tapi masih belum mampu merubah skor kacamata 0-0. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, skor imbang masih bertahan sehingga pertandingan dilanjutkan lewat titik putih.

Tendangan pertama Indonesia yang dilepaskan Egy Maulana membawa Indonesia unggul 1-0. Impian Indonesia untuk bisa lolos terbuka lebar saat Kapten Thailand gagal menjebol gawang Indonesia. Namun, asa itu pupus setelah gagalnya eksekusi yang dilakukan M. Iqbal.

baca juga: Shin Tae-yong Tidak Bisa Berikan Garansi Kemenangan di Sisa Kualifikasi Piala Dunia, Ini Alasannya

Thailand akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada tendangan kedua, skor berubah 1-1. Penendang ketiga dari kedua tim berhasil menunaikan tugasnya dan membuat skor kembali imbang 2-2. Impian Indonesia harus pupus saat Nur Hidayat dan Rifat Marasambessy gagal mencetak gol kemenangan bagi Indonesia.

Indonesia pun harus tertunduk setelah penendang keempat Thailand menaklukkan Aqil Safik, Indonesia pun harus mengubur mimpinya bisa berlaga di Final AFF U-18.

baca juga: Ditundukkan Chelsea, City Tunda Pesta Juara Liga Inggris

[Ade Suhendra]

Penulis: Agusmanto