Kualifikasi Piala Dunia 2018 : Prancis dan Portugal Melenggang, Belanda Menangis

Selebrasi para pemain Portugal usai memastikan lolos ke Piala Dunia 2018.
Selebrasi para pemain Portugal usai memastikan lolos ke Piala Dunia 2018. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Sejumlah pertandingan menarik tersaji di laga pamungkas penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa pada Rabu (11/10) dini hari WIB.

Prancis dan Portugal menjadi dua tim terakhir yang meraih tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 mendampingi Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Serbia dan Islandia.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Laga antara Portugal melawan Swiss menjadi partai penentu siapa yang berhak menjadi juara Grup B dan memastikan diri tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Bertindak sebagai tuan rumah, Selecao -julukan Timnas Portugal- menang atas Swiss dengan skor akhir 2-0.

Sementara itu, Prancis juga meraih kemenangan penting di laga terakhir babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup A Zona Eropa . Antoine Griezmann dan kawan-kawan menang atas Belarusia dengan skor 2-1.

baca juga: Demi Memperjuangkan Ezra Walian ke FIFA, Ini Langkah yang Dilakukan PSSI

Prancis sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan diri lolos langsung ke Piala Dunia 2018 . Kendati demikian, tim asuhan Didier Descahmps itu memetik poin penuh untuk menjadi juara Grup A dengan mengoleksi 23 poin.

Sedangkan, Belanda gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 meski meraih kemenangan 2-0 atas Swedia di hadapan pendukung sendiri. Hasil tersebut tak cukup untuk mengantarkan Arjen Robben dan kolega tampil di Rusia tahun depan.

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Saat ini, Belanda menempati peringkat ketiga di klasemen akhir Grup A (19 poin). Raihan itu sama seperti Swedia yang menempati posisi kedua. Namun, Swedia masih unggul selisih gol atas Belanda. (*)

Berikut hasil lengkap kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa :
Prancis 2 - 1 Belarusia
Luxemburg 1 - 1 Bulgaria
Belanda 2 - 0 Swedia
Hungaria 1 - 0 Kepulauan Faroe
Latvia 4 - 0 Andorra
Portugal 2 - 0 Swiss
Belgia 4 - 0 Siprus
Estonia 1 - 2 Bosnia-Herzegovina
Yunani 4 - 0 Gibraltar

baca juga: 2 Kali Diberi Kepercayaan Tampil Oleh Shin Tae-yong, Ini Terget Arif Satria Saat Hadapi UEA

dari berbagai sumber

Penulis: Agusmanto