Dikalahkan Jepang, Indonesia Gagal ke Piala Dunia

Pemain Timnas U-19 berebut bola dengan pemain Jepang dalam laga perempat final Piala Asia U-19, Minggu malam.
Pemain Timnas U-19 berebut bola dengan pemain Jepang dalam laga perempat final Piala Asia U-19, Minggu malam. (AFC)

KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan 0-2 dari Jepang di babak perempat final Piala Asia U-19 2018. Kekalahan tersebut juga membuat impian Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20 akhirnya pupus.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10) malam, Jepang mampu mendominasi pertandingan. Gol Jepang dalam laga tersebut dicetak oleh Highashi Shunki dan Taisei Miyasiro.

baca juga: Hanya Mampu Imbang, Liverpool Tersingkir- Madrid Lawan Chelsea

Sementara Indonesia juga memiliki beberapa peluang dalam laga tersebut. Namun Jepang tetap mampu mempertahankan keunggulannya 2-0 dan memastikan lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia U-19 langsung mencoba menekan Jepang di awal pertandingan, namun masih dapat diredam pemain belakang lawan. Namun, Jepang berlahan-lahan mulai balik menekan dan membuat para pemain belakang Indonesia harus bekerja keras.

baca juga: Menang Lagi dari Dortmund, City ke Semi Final Liga Champions

Indonesia mencoba memanfaatkan serangan balik. Sebuah ancaman dilakukan oleh Firza Andika dan Witan Sulaeman hingga masuk ke kotak penalti, namun tembakan Firza masih dapat diblok pemain Jepang di menit ke-7.

Pada menit ke-10, sebuah sundulan pemain Jepang Daiki Hashioka memanfaatkan tendangan bebas Kubo Takefusa masuk ke gawang Indonesia, namun wasit lebih dulu menyatakan offside di menit ke-12.

baca juga: Hasil Liga Eropa Dini Hari tadi: Roma Gebuk Ajax, Villareal Menang 1-0

Jepang masih terus melakukan tekanan sehingga membuat para pemain belakang Indonesia harus bekerja keras meredamnya. Sementara Indonesia masih mencoba melihat peluang lewat serangan balik.

Witan sempat mendapatkan bola dan bergerak dari sisi kiri namun tidak ada pemain lain mudah diamankan pemain lawan. Indonesia kembali mendapatkan peluang dari tendangan bebas di menit ke-28.

baca juga: Sebut Nabil Husein Selalu Menjadi Saudara, Diego Michiels Tinggalkan Borneo FC?

Namun tendangan bebas Saddil Ramdani telat disambut Syahrian Abimanyu sehingga bola melebar. Sementara Jepang juga punya peluang dari tendangan bebas Kubo namun masih berada di samping gawang di menit ke-34.

Jepang sempat memimpin lebih dulu 1-0 di menit ke-40. Gol dicetak Highashi Shunki lewat tendangan dari luar kotak penalti dan bola masuk ke pojok kanan atas gawang Indonesia Muhammad Riyandi.

Timnas Indonesia U-19 masih coba melakukan serangan balik, tetapi pergerakan Firza berhasil dipatahkan pemain Jepang. Hingga turun minum Jepang masih tetap memimpin 1-0 atas Indonesia

Di babak kedua, Jepang masih melanjutkan dominasinya ke pertahanan Indonesia. Namun Indonesia mencoba membuka peluang lewat tendangan jauh Luthfi Baharsyah namun masih berada di samping gawang Jepang di menit ke-52.

Perlahan-lahan Timnas Indonesia U-19 mencoba lepas dari tekanan. Serangan coba dibangun oleh Witan dan Lutfi di tengah derasnya hujan yang mulai mengguyur lapangan SUGBK.

Indonesia kembali melakukan tusukan lewat Saddil Ramdani hingga masuk ke kotak penalti namun umpannya dapat dipotong pemain Jepang. Tekanan masih coba dilakukan para pemain Garuda Nusantara.

Peluang kembali dilakukan Indonesia di menit ke-64. Saddil berhasil melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti namun gagal dimanfaatkan oleh Witan yang mencoba melakukan aksi backheel 

Lagi, Indonesia menekan kali ini lewat tendangan bebas Saddil yang sudah mengarah ke gawang Jepang namun kiper Kosei Tani masih dapat menghalau bola tersebut di menit ke-67.

Namun, Jepang mampu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat sepakan kaki kanan Taisei Miyasiro. Hasil ini membuat Indonesia semakin berat untuk dapat mengejarnya.

Jepang masih melanjutkan tekanannya lewat Koki Saito dan Taisei Miyashiro namun masih belum tepat sasaran. Meski masih memiliki beberapa peluang namun skor 2-0 bagi keunggulan Jepang tidak berubah hingga akhir laga. (*)

Penulis: Agusmanto