Struktur INAFOC Piala Dunia U-20 Diharapkan Selesai Bulan Ini

Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers terkait dibentuknya panitia Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC), Rabu (1/7/2020).
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers terkait dibentuknya panitia Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC), Rabu (1/7/2020). (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Sesmenpora Gatot S Dewa Broto berharap struktur panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 atau INAFOC bisa selesai di bulan Juli.

Sejauh ini, baru Menpora Zainudin Amali saja yang masuk ke dalam struktur. Sebab, Amali ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua INAFOC saat menggelar ratas yang juga dihadiri oleh PSSI beberapa waktu lalu.

baca juga: Ini Kejutan Sebelum Balapan MotoGP Brno

Amali juga memiliki kewenangan untuk menunjuk orang-orang yang ada di dalam INAFOC nantinya. Gatot menargetkan struktur sudah selesai di bulan ini.

Selain itu, Gatot ingin struktur lengkap sebelum Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres). Keppres dan Inpres nantinya akan menjadi petunjuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021.

baca juga: Ini 8 Tim yang Akan Berlaga di Perempat Final Liga Champions

"Ini sudah sangat banyak yang urgent sekali, seperti kita ketahui pertama minggu yang lalu kan Pak Presiden sudah menetapkan tentang penunjukan pak menteri sebagai ketua INAFOC," kata Gatot di Jakarta, Rabu (8/7/2020) malam.

"Kami akan sambil menyusun bayangan untuk INAFOC, sehingga jangan sampai nanti Kepress dan Inpress sudah ditandatangani, kami baru menyusun (panitia INAFOC)," ia menambahkan.

baca juga: Ini Jadwal Rilis Liga 1 2020 Oleh PT LIB

Gatot menjelaskan beberapa unsur akan terlibat di dalam INAFOC. Siapapun yang ahli dibidangnya dan dirasa perlu masuk ke dalam INAFOC, maka Kemenpora akan melakukannya.

"Dan seperti yang Pak Menteri katakan, itu merupakan gabungan, tidak hanya dari Kemenpora , sejumlah Kementerian dan Lembaga, PSSI , TNI, dan Polri," ujarnya

baca juga: Datangi Lokasi Latihan Timnas, Ketum PSSI Ungkap Opsi TC di Eropa

"Sejauh memang kalau ada kompetensi, pasti akan direkrut oleh pak menteri. Kewenangan untuk merekrut sepenuhnya ada di tangan pak menteri," pungkasnya.

Editor: Eko Fajri