Mantan Pelatih Timnas Indonesia Seleksi Ratusan Pemain Muda Payakumbuh dan Limapuluh Kota

Pelatih Persela Lamongan asal Payakumbuh saat melakukan seleksi bagi pemain usia muda di Kota Payakumbuh, Sumbar
Pelatih Persela Lamongan asal Payakumbuh saat melakukan seleksi bagi pemain usia muda di Kota Payakumbuh, Sumbar (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Ratusan pemain ikuti seleksi bersama pelatih Persela Lamongan Nil Maizar yang merupakan putra asli Payakumbuh . Seleksi tersebut berlangsung di Lapangan Sari Bulan, Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan dan diikuti juga oleh beberapa pelatih Kota Payakumbuh

Nil Maizar mengatakan dalam kesempatan tersebut, ia bersama tim pelatih Payakumbuh membentuk anak muda berkarakter untuk ke depan akan dibina. Pembinaan ini merupakan lanjutan bagi pemain usia 16 tahun yang telah dibina sebelumnya di Sekolah Sepak Bola (SSB).

baca juga: Ditetapkan Tersangka, KPK Intai Edhy Prabowo Sejak Agustus

"Nantinya mereka akan dipilih, Apakah untuk Payakumbuh /Lima Puluh Kota, koordinasikan dengan Askot/Askab. Sehingga karakter anak bangsa dari Payakumbuh dibentuk dan hasil seleksi ini akan menjadi bank data pemain," kata mantan pelatih Timnas Indonesia ini bersama Junaidi Adnan, Kasril Karnil, dan Masperi Kasim

Ia menilai bahwa seleksi yang berlangsung di kampung halamannya tersebut sangat antusias. Buktinya, tercatat 140 pemain usia muda yang mengikuti seleksi tersebut

baca juga: Diego Armando Maradona "Tangan Tuhan" Meninggal Dunia

"Antusias sangat tinggi dan saat ini juga dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak tidak hanya pemerintah tapi juga swasta. Sebab potensi yang ada sangat luar biasa dan talenta mereka ada," ujar Nil Maizar yang kini juga menggeluti usaha brand olahraga NM Sports ini.

Lebih lanjut, Nil menjelaskan terkait apakah nantinya akan jadi pemain sepakbola , itu tergantung proses. Menurutnya pemain atau pelatih saat ini jangan berpikirian hasil terlebih dahulu karena semuanya tergantung dari proses yang akan dijalani pemain itu sendiri.

baca juga: Hari Pertama Sekolah, Sekda Payakumbuh Temukan Ada Guru yang Tidak Pakai Masker di Kantor

"Untuk menghasilkan pemain atau tim Yang bagus, antara pemain dengan pemain harus saling bersahabat dan pelatih dengan pelatih harus saling berdiskusi, serta antara manajemen juga saling support. Kalau tidak, kapan lahir lagi potensi bagus seperti Masperi Kasim, Hendra M, Syafril M, Delfi Adri, dan pemain lainnya dari Sumbar," kata Nil Maizar yang kini tengah arsiteki tim Liga 1 Persela Lamongan.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri